Selasa, 09 Maret 2010

BUKU

Pada akhir2 ini, gue sering dimarahi ibu gue,
Ibu:"Koe ki piye? Buku kok ra ono catetane koyo ngene? Koe ki sekolah po dolan?"
Gue:"Lha karang ten buku paket pun enten, dadi kulo mboten nyatet."
Ibu:"Sesuk maneh nyatet, sekolah kok koyo wong nang WC(apa hubungannya jal).
Setelah hari itu gue berniat merubah pola hidup gue seperti,
*makan sebelumnya 2x sekarang menjadi 3x sehari
*kalau dulu mandi 2x sehari sekarang 1x saja
*kalo dulu suka olah raga sekarang suka makan.
Pokoknya yang rada gak penting gitu deh.
Alasan gue gak suka nyatet pelajaran adalah:
1. Karena memboroskan buku. Soalnya buku kan terbuat dari pohon, kalau kita boros menggunakan buku, maka kemungkinan penebangan hutan besar2an juga terjadi, lalu kita susah untuk bernafas, sehingga membuat kita mati kelaparan(lha, apa hubungannya dengan semua itu? Hubungannya adalah, gue juga gak tau, sama2 gak tau).
2. Gue memang males nyatet, tapi gue seneng nyantet, apalagi nyontet(baca nyontek).
3. Gue gak bisa baca tulisan tuh guru, tulisannya kayak sandi rumput.
4. Gue benci sama tukang kebun sekolahan gue.
5. Gue benci dangdut, kecuali dewi persik.
6. Gue benci banci, gue suka cewek.

Semakin seru saja perdebatan antara gue dan ibu gue, tapi gue masih punya tugas penting, yaitu memberitahukan kalian tentang apa itu buku, kenapa bisa dinamakan buku, bagaimana perlakuan anak jaman sekarang kepada buku, dan apa manfaatnya punya buku. Nah, simak baik2 ya.

1. Pertama2 gue mau ngasih tau kalian tentang definisi buku menurut gue.
Buku adalah benda yang digunakan manusia untuk menulis (ya iyalah, masak hewan bisa nulis, masak pohon bisa nulis, masak gue orang gila).
*Definisi buku menurut orang gila beda lagi.
Buku adalah makanan yang rasanya seperti spageti.
*Definisi buku menurut pemadam kebakaran.
Buku adalah benda yang dapat memicu kebakaran.
*Menurut tukang kebu.
Buku adalah sampah, the real sampah.
*Menurut penjual buku.
Buku adalah benda yang menghasilkan uang.

2. Asal mula kenapa dinamakan buku.
Kalian tau kenapa bisa dinamakan buku? Karena kata buku diambil dari bahasa inggris yaitu book, tapi karena lidah orang jawa, jadi pengucapannya bukan book, tetapi menjadi buku(sejarah yang terlalu dibuat2)

3. Perlakuan anak jaman sekarang kepada buku.
Anak2 jaman sekarang suka memperlakukan buku dengan semena2, contohnya:
* Gue, gue lebih sering menggambar di buku tulis, dari pada nyatet.
* Fika(temen SMP), didalam bukunya ditulis begini,
'Cinta itu indah,
Indah itu emas,
Emas itu kuning,
Kuning itu tai(sensor),
Jadi, Cinta adalah tai(sensor) kuning yang indah' begitu katanya, dasar orang aneh.

Manfaat buku.
Kalau kita sering membawa buku kemana2, maka kita akan diuntungkan, seperti.
* Jika kita sedang di WC dan pada waktu itu gak ada air dan tisu, gunakan saja buku untuk cebook.
* Jika kita sedang ketemu penagih utang, kita tutup aja muka kita dengan buku dan ditulisi 'saya enggak punya utang lho'
* Kalau sedang kecopetan, kita lempar aja tuh buku, apalagi pada saat itu kita lagi baca kamus, dijamin si cepot akan kapok jika mencopet orang yang sedang baca kamus.

Jadi, dari argumen saya yang rada mekso diatas, kalian tentu bisa mengambil hikmah dari pengalaman saya diatas.
Semoga bermanfaat bagi tukang kebun SMA 1 WATES.

0 komentar: